Monday, January 7, 2013

Pengabdian Masyarakat BSI

Salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan oleh perguruan tinggi baik swasta maupun negeri adalah pengabdian masyarakat. Pengabdian masyarakat memiliki kedudukan yang sama dengan dharma perguruan tinggi yang lain yaitu pendidikan dan penelitian. Pengabdian masyarakat adalah bentuk partisipasi perguruan tinggi dalam upaya untuk ikut serta dalam memecahkan permasalahan serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Selain itu pengabdian masyarakat juga bisa dijadikan sebagai media untuk menerapkan teori yang dipelajari di peguruan tinggi. Kegiatan pengabdian masyarakat bisa berbentuk seminar, workshop atau pelatihan-pelatihan.
Sehubungan dengan hal tersebut, maka Bina Sarana Informatika mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat. Pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Bina Sarana Informatika berupa pelatihan-pelatihan di bidang Teknologi Informasi (Komputer) dan perhotelan. Dengan harapan, Bina Sarana Informatika dapat mentransformasikan ilmunya kepada masyarakat luas. Pelatihan tersebut berujung pada keselarasan antara teknologi informasi dengan proses bisnis di suatu organisasi.
Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama teknologi informasi, sebuah organisasi perlu untuk menyelaraskan antara proses bisnis pada organisasi tersebut dengan teknologi informasi. Penyelarasan ini berujung pada peningkatan kualitas proses bisnis tersebut. Tidak terkecuali di sekolah. Di sekolah terdapat beberapa proses bisnis yang bisa memanfaatkan teknologi informasi, misalnya proses pembelajaran. Teknologi informasi bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan yang tidak bisa dicukupi oleh pembelajaran konvensional. Sebagai contoh pada pembelajaran konvensional terbatas ruang dan waktu. Siswa tidak bisa berinteraksi dengan guru di luar jam pelajaran. Teknologi informasi memungkinkan untuk melakukan ini. Pemanfaatan Learning Management System (LMS) memungkinkan siswa untuk beinteraksi dengan guru tanpa batasan ruang dan waktu dengan menggunakan internet. Oleh karena itu guru diwajibkan untuk menguasai Learning Management System (LMS) untuk menunjang pembelajaran konvensional.
Peningkatan kunjungan wisatawan di Yogyakarta menyebabkan peningkatan pembangunan hotel-hotel baru. Tercatat puluhan hotel baru berdiri pada tahun 2012 yang lalu. Pertumbuhan jumlah hotel yang sangat tinggi ini membutuhkan tenaga kerja di bidang perhotelan yang profesional. Oleh karena itu, kami AKPAR BSI Yogyakarta sebagai salah satu perguruan tinggi yang bertugas untuk menyiapkan tenaga profesional di bidang perhotelan bermaksud untuk mengadakan seminar jenjang karir di bidang perhotelan. Kegiatan ini kami tujukan kepada para siswa/siswi SMA/SMK yang berminat untuk berkarir di bidang perhotelan. 

Tujuan dilaksanakanya pengabdian masyarakat BSI antara lain: 

  1. Guru dapat menggunakan Modular Objek Oriented Dynamic Learning Environment (MOODLE) untuk menunjang pembelajaran konvensional.
  2. Guru dapat memanfaatan teknologi informasi untuk melengkapi pembelajaran tatap muka.
  3. Guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran tatap muka dengan memanfaatkan Learning Management System (LMS).
  4. Siswa dapat menngunakan perangkat lunak grafis untuk membuat poster, brosur dan sebagainya.
  5. Peserta pelatihan mengetahui etika yang harus dipatuhi pada menggunakan perangkat teknologi informasi.
  6. Peserta seminar mengetahui jenjang karir di bidang perhotelan.
  7. Peserta dapat menjadi seorang public speaker yang baik. 

    Bentuk KegiatanPengabdian Masyarakat BSI antara lain:
  1. Workshop Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Menunjang Pembelajaran Tatap Muka.
    Teknologi informasi yang dimaksud berupa email, blog, kuis online dan cloud computing. Misal kita ingin membuat blog yang berisi materi pelajaran tertentu, membuat kuis/ulangan, mengupload materi pelajaran dan sebagainya.
  2. Seminar/Workshop Penggunaan E-Learning Moodle.
    Moodle merupakan sebuah learning management system yang bersifat open source dan mudah digunakan. Learning management system (LMS) digunakan untuk mengelola pembelajaran misal mengupload materi pembelajaran, membuat kelas online, membuat ujian online, membuat diskusi atau forum dan sebagainya.
  3. Seminar Etika Teknologi Informasi
    Seminar tentang kesadaran informasi, apa yang boleh dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan pada saat menggunakan perangkat teknologi informasi. Juga dipelajari tentang keamanan jaringan komputer (internet), bagaimana mendeteksi adanya virus serta cara mengatasi dan menghindarinya.
  4. Pelatihan Desain Grafis/Animasi Untuk Siswa
    Peserta pelatihan diberikan keterampilan tentang penggunaan software grafis (Photoshop atau Corel Draw) untuk membuat desain poster, spanduk, brosur dan sebagainya.
  5. Pelatihan Membuat Toko Online
    Peserta pelatihan diberikan keterampilan tentang pembuatan toko online (online shop). Toko online yang dibuat menggunakan Content Management System (CMS), misal Presta Shop sehingga peserta diharapkan tidak mengalami kesulitan karena tidak perlu menulis kode-kode program. Pelatihan dilakukan secara offline, setelah selesai baru diupload ke internet.
  6. Seminar Jenjang karir di Perhotelan
    Peserta seminar diberikan pengetahuan serta wawasan jenjang karir di bidang perhotelan. Dengan semakin bermunculan hotel baru di Yogyakarta, sehingga membutuhkan tenaga kerja perhotelan yang lebih banyak.
  7. Seminar/workshop Public Speaking
    Peserta seminar diberikan pengetahuan dan keterampilan tentang bagaimana cara untuk berbicara di depan umum dengan baik dan sopan.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini, baik seminar maupun workshop akan dilaksanakan pada:
Bulan : Januari – Maret 2013
Tempat : Tentatif
Waktu : Tentatif
Fasilitas : Sertifikat dan Modul

Informasi mengenai kegiatan pengabdian masyarakat Bina Sarana Informatika dapat menghubungi Bekti Maryuni Susanto, S.Pd.T, M.Kom Bagian LPPM Bina Sarana Informatika di nomor 085729491540 atau email bekti.bms@bsi.ac.id.

No comments:

Post a Comment